Cacing Zombi Cacing Pemakan Tulang

Cacing Zombi Cacing Pemakan Tulang

Cacing Zombi Cacing Pemakan Tulang Pertama kali ditemukan oleh Monteray Bay Aquarium Research Institute (MBARI) pada tahun 2002. Makhluk yang berukuran 3 cm ini ditemukan di Laut Mediterania dan Utara Atlantik.
Cacing Zombi Cacing Pemakan Tulang ini hidup di tulang paus yang sudah mati dan tenggelam di dasar Samudra. Makhluk ini adalah Family Osedax yang merupakan genus dari Siboglinid Polychaetes laut dalam. Osedax yang dalam bahasa latinnya berarti pemakan tulang. Hewan ini bergantung dari lemak-lemak yang ada di dalam tulang ikan paus yang sudah mati.
Awalnya beberapa peneliti kebingungan pada makhluk ini, karena makhluk ini sepertinya tidak punya mulut dan organ pencernaan lainnya, tetapi bisa menggerogoti tulang-tulang paus. Dan dari hasil penelitian terbaru, ternyata cacing ini memiliki senjata kimia, tetapi hanya cacing betina yang memiliki senjata kimia. Cacing ini bisa mengeluarkan enzim yang bersifat asam yang berfungsi untuk mencerna tulang paus, sehingga mudah bagi Family Osedax ini untuk menyerap tulang-tulang paus tersebut. Salah satu enzim yang dikeluarkan oleh cacing ini adalah Pompa Proton yang banyak terdapat pada akar cacing. Bagian akar ini menempel di tulang paus.
Lemak yang ada di dalam tulang paus di bawa kedalam tubuh cacing untuk dicerna. Pencernaan nutrisi pada cacing ini ternyata di bantu oleh bakteri yang bersimbiosis dengannya.

Sekian informasi dari kami tentang Cacing Zombi Cacing Pemakan Tulang.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA