Galaksi dan Luar Angkasa di Alam Semesta


Galaksi dan Luar Angkasa di Alam Semesta

Kali ini saya alan membagikan informasi-informasi unik dan menarik tentang Galaksi dan Luar Angkasa di Alam Semesta.


- Diperkirakan usia Matahari kini adalah 4,6 miliar tahun.

- Stonehenge adalah observatorium tertua di dunia. Dibangun untuk mengetahui posisi terbit matahari pertengahan musim panas karena tidak ada kalender,posisi matahari menunjukkan perubahan musim. Ini dibangun antara 1800-1400 SM di Stonehenge Barat Inggris.

- Obsevatorium adalah tempat para Astronom mempelajari langit malam hari.

- Ziggurat adalah Piramid bertangga yang di bangun oleh orang Babylonia untuk mengamati benda-benda langit seperti bintang dan planet. Mereka berfikir bahwa benda-benda langit menpengaruhi kehidupan manusia di bumi.

- Tahukah kamu benyak bangunan-bangunan Yunani Kuno memakai putih telur untuk melekat kan batu bata???

- Kekeliruan kosmik-pandangan astronom yunani Ptolemaus: Bumi berada di pusat Alam semesta.

- Kebenaran kosmik- pandangan astronom Kopernikus: Bumi adalah salah satu planet dan mengelilingi matahari bersama planet lainnya.

- Publikasi pertama pengamatan astronomi terjadi pada abad ke-15 dan ke-16. baru pada 2000 SM orang Babylonia mulai mengamati benda langit secara ilmiah.

- Teleskop luar angkasa pada 24 april 1990 Hubble diluncurkan. Namanya diambil dari nama astronom Amerika Edwin Hubble.

- Teleskop mengorbit di ketinggian 600 km dari permukaan bumi. Teleskop Hubble memiliki cermin berdiameter 2,5 m. Daya jangkauan nya hingga 14 juta tahun cahaya di ruang angkasa.

- Teleskop Radio, benda-benda langit selain memancarkan cahaya,juga memancarkan gelombang.

- Bayi alam semesta belum lama dari kelahirannya baru berumur beberapa ratus juta tahun umurnya. Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA). Mengambil gambarnya pada pada februari 2003

- Teori kematian alam semesta adalah semua energi di alam semesta akhirnya dapat berubah menjadi panas.

- Missi WMAP (Wilkinson Microwave Anisotopy Probe) menempatkan sebuah pesawat luar angkasa sejauh 1,6 juta km dari Bumi.

- Perbedaan suhu per-sejuta derajat bisa membuat banyak titik panas dan dingin yang akhirnya menyebabkan Big Bang (Dentuman Besar).

- Para ilmuan membuat satuan baru yaitu tahun cahaya. Jika 1 detik Cahaya = 300.000 km, maka 1 tahun cahaya = 60 x 60 x 24 x 365 x 300.000 = 9.460.000 juta km.

- Objek luar angkasa terjauh yang diketahui hingga saat ini adalah berjarak 20 milliar tahun cahaya.

- Satelit planet terbesar adalah Ganymede dan yang ke-2 adalah Titan.( Kenapa Band the Titan tidak bernama Ganymede??? Bukankah Ganymede lebih besar ???).

- Planet dengan satelit alam yang paling banyak adalah Saturnus yaitu 22 buah.

- Pluto kini tidak dianggap sebagai planet karena tidak mempunyai Orbit yang konstan.

- Phobos dan Deimos adalah, satelit Mars dan bentuknya lebih mirip kentang raksasa, ilmuan menperandiksi bahwa satelit tersebut bukanlah satelit biasa tapi adalah Asteroid yang terperangkap Gravitasi Mars.

- Triton adalah satu-satunya Satelit yang memiliki atmosfer dan di prediksikan ada kehidupan.

- Sputnik I adalah satelit pertama buatan manusia dan pertama kali diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 1957.

- Sputnik II adalah satelit pertama yang berawak seekor anjing yang bernama Laska, satelit ini pertama kali di luncurkan tanggal 3 november 1957.

- Explorer I satelit pertama buatan AS yang meluncur pada 31 januari 1950 dan berhasil.

- Sputnik V satelit yang diisi 2 ekor anjing dan tumbuhan meluncur pada tanggal 19 agustus 1960.

- Vostok I satelit pertama yang membawa manusia ke luar angkasa yang bernama Yuri Gagarin meluncur pada tanggal 12 april 1961. Yuri Gagarin tewas pada tahun 1968 karena pesawat yang dikendarainya kecelakaan.

- Proyek merkuri AS membawa penumpang manusia ke Antariksa, Alan B. Shepard. Salah satu satelit Jepang Osumi diluncurkan dihalaman depan University of Tokyo.

- Phonix Mars Lander yang sedang berada di Planet Mars mengirimkan gambar permukaan tanah Mars yang dibawah tanahnya seperti Es.(2008)

- Indonesia meluncurkan satelit bernama Indostar dari Boikonur, Kazakthan. Pada tanggal 16 mei 2009 pada pukul 08.00 WIB. Rencananya satelit ini akan mengorbit pukul 17.00 WIB. Satelit ini merupakan satu-satunya satelit Indonesia yang digunakan untuk Broadcasting(Penyiaran). Oleh Indovision. (Global TV)


Sekian Informasi kami tentang Galaksi dan Luar Angkasa di Alam Semesta. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda tentang Galaksi dan Luar Angkasa di Alam Semesta.


Lihat juga Informasi tentang Cacing Zombie Cacing Pemakan Tulang
Lihat juga Informasi tentang Tempat-tempat Menarik di Dunia

2 Responses to "Galaksi dan Luar Angkasa di Alam Semesta"