Sejarah Gitar Yang ada Di Dunia

Sejarah Gitar Yang ada Di Dunia

Baiklah para pembaca yang baik hati, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda informasi tentang Sejarah Gitar Yang ada Di Dunia. 

        
Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara di petik menggunakan jari atau alat petik lainnya. Pada umumnya gitar terbentuk atas bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam senar. Biasanya senar gitar terbuat dari nilon dan baja. Dan secara umum, gitar terbagi menjadi 2 yaitu gitar klasik dan elektrik.

 




Menurut beberapa sumber yang saya baca, kata "Gitar" di ambil dari nama alat musik kuno di daerah Persia sekitar 1500 SM yang di kenal dengan nama citar atau sehtar. Terus, alat musik ini terus berkembang menjadi berbagai macam jenis alat musik kuno yang di kenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476 M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: (1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan (2) Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.

Lalu, sejarah masuknya gitar ke Indonesia kira-kira pada abad 17 di bawa oleh penjajah dari Portugis. Pada waktu itu sejumlah tawanan asal Portugis di Malaka dimukimkan oleh Belanda di rawa-rawa di Jakarta Utara, di sebuah kampung Tugu. Untuk ngilangin rasa bosan, mereka biasanya bermain musik. Terus alat musik yang mereka gunakan itu adalah gitar. Konon katanya, dari pengenalan alat musik itu ke masyarakat, maka muncullah alat musik yang di gunakan untuk mengiringi musik kroncong. para tawanan memainkan 3 macam alat musik gitar yaitu, Gitar Monica, Gitar Rorenga, dan Gitar Jitera. Dua abad kemudian, alat musik Gitar dan kroncong populer di kalangan bangsawan dan  menyebar di seluruh pelosok tanah air.

 
Sekian informasi dari kami tentang Sejarah Gitar Yang ada Di Dunia.


Lihat juga info tentang Informasi penting seputar kesehatan yang tidak anda ketahui

Tempat-tempat Menarik yang ada di Dunia


Tempat-tempat Menarik yang ada di Dunia
- See more at: http://novandirezeki.blogspot.com/2012/10/tempat-tempat-menarik-di-dunia.html#sthash.u99rd1DQ.dpuf

Tempat-tempat Menarik yang ada di Dunia


Tempat-tempat Menarik yang ada di Dunia
- See more at: http://novandirezeki.blogspot.com/2012/10/tempat-tempat-menarik-di-dunia.html#sthash.u99rd1DQ.dpuf


Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA