Gajah Sumatera di Pusat Latihan Gajah Seblat

 Gajah Sumatera (Pusat Latihan Gajah Seblat, Putri Hijau, Bengkulu Utara, Bengkulu)

Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat adalah salah satu destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi jika anda sedang berada di provinsi Bengkulu. Selain menjadi tempat pelatihan gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis), PLG juga merupakan tempat riset tentang flora dan fauna di pulau Sumatera. 

Gajah Sumatera merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia, karena jumlahnya yang kian berkurang karena beberapa faktor dan konflik lingkungan dengan manusia. "Sekitar 2000 sampai 2700 ekor gajah sumatera yang tersisa di alam liar berdasarkan survei pada tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh manusia, dan 30% kemungkinan dibunuh dengan cara diracuni oleh manusia. Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan akibat perambahan yang agresif". Sumber Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Gajah_sumatera)
             
Gajah Sumatera di Pusat Latihan Gajah Seblat yang jumlahnya tinggal beberapa ekor saja, kini keberadaanya kian terancam. Diracun, ditembak dan hilangnya berhektar-hektar tempat tinggal mereka merupakan faktor penyebab berkurangnya hewan besar ini. Berbagai upaya dilakukan untuk tetap melestarikan gajah Sumatera, namun ini masih kurang maksimal karena kurangnya kesadaran beberapa orang akan pentingnya keseimbangan akan lingkungan hidup gajah Sumatera ini. 

Berbagai kegiatan sering dilakukan oleh pihak-pihak untuk mengenalkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan flora dan fauna di PLG. Salah satu kegiatan yang pernah dilakukan di tempat ini adalah dengan mengadakan perkemahan jambore daerah yang salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan tempat wisata PLG dan memberikan edukasi tentang pelatihan gajah di wilayah Seblat, Putri Hijau, Bengkulu Utara.

 
Selamatkan GAJAH SUMATRA !!!



Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA