PENGERTIAN PELURU KENDALI

Pengertian Peluru Kendali


Pada kesempatan kali ini berbagi info dan berita menarik akan memberikan anda informasi tentang Pengertian Peluru Kendali yang di gunakan untuk pertahanan maupun penyerangan oleh militer terhadap suatu objek sasaran.

Peluru kendali atau misil adalah senjata roket militer yang bisa dikendalikan atau memiliki sistem pengendali otomatis untuk mencari target atau menyesuaikan arah. Dengan sistem pengendali otomatis yang di pasang dalam Peluru kendali, maka di harapkan target atau sasaran yang diinginkan dapat di jangkau dengan baik.

Peluru kendali pertama kali di kembangkan oleh Jerman dalam sebuah operasi dalam perang dunia II. Salah satu peluru kendali yang di kembangkan adalah V-1 dan V-2 yang menggunakan Autopilot sederhana untuk membuat peluru kendali dapat menjaga arah terbannya.

Pemandu inframerah
Sistem pemandu inframerah akan melacak panas yang dihasilkan pesawat musuh. Detektor inframerah pada awalnya memiliki tingkat sensitivitas rendah sehingga hanya bisa melacak panas yang dihasilkan saluran pembuangan pesawat. Ini berarti pesawat penyerang harus bermanuver untuk dapat menembakkan rudal ketika berada di belakang pesawat musuh. Sinyal inframerah yang melemah ketika jarak makin menjauh juga menjadi kendala sistem lama. Rudal berpandu inframerah modern dapat mendeteksi panas dari bagian manapun dari pesawat musuh yang menjadi panas oleh adanya gesekan dengan udara. Hal ini membuat pesawat penembak tidak perlu bermanuver untuk mencari posisi di belakang pesawat musuh sebelum dapat melepaskan tembakan. Walaupun demikian hal ini tetap dapat memperbesar kemungkinan mengenai target. Untuk mengatasi rudal jenis ini, digunakan flare yang lebih panas dari pesawat sendiri sehingga rudal akan melacak panas yang lebih tinggi tersebut. Penelitian terkini mengembangkan alat laser yang dapat menghancurkan sistem pemandu inframerah di rudal. Rudal modern seperti ASRAAM menggunakan pencitraan inframerah sehingga rudal dapat “melihat” target (seperti sebuah kamera video digital) dan dapat membedakan antara pesawat dengan sumber panas seperti flare. Sistem ini juga memiliki sudut lebar sehingga pesawat penyerang tidak perlu harus berada dalam garis lurus dengan target untuk dapat dikunci. Pilot hanya perlu menggunakan helmet mounted sight (HMS) dan kemudian “melihat” targetnya sebelum melepaskan tembakan.
Pemandu radar
Sistem pemandu radar digunakan untuk rudal jarak menengah atau jauh dimana sinyal inframerah target umumnya terlalu lemah untuk dilacak detektor inframerah. Ada dua macam rudal berpandu radar yaitu aktif dan semi-aktif. Rudal dengan sistem pemandu radar aktif mempunyai sistem radarnya sendiri untuk mendeteksi dan melacak targetnya. Namun, ukuran dari antena radar dibatasi oleh diameter rudal yang kecil sehingga membatasi jangkauan deteksi rudal. Untuk mengatasi hal tersebut, rudal harus memiliki cara lain untuk mendekati target sebelum mengaktifkan radarnya. Rudal berpandu radar semi-aktif adalah lebih umum. Rudal jenis ini mendeteksi energi radar yang dipancarkan dari target. Sinyal radar dipancarkan oleh pesawat penembak. Dengan ini berarti pesawat penembak harus menjaga penguncian target sampai dapat dijangkau rudal, sehingga membatasi daya manuver pesawat penembak yang dapat membahayakan pesawat seiring dengan ancaman musuh. Rudal jenis ini juga lebih gampang dikacaukan karena jarak pesawat penembak ke target lebih jauh dibandingkan jarak target ke rudal. Rudal berpandu radar dapat diatasi dengan manuver terus menerus yang mengakibatkan penguncian yang terhenti, menyebarkan chaff atau menggunakan electronic counter-measures.

Elektro-optikal
Elektro-optikal adalah sistem pemandu terbaru dalam pemandu misil. Salah satu rudal yang memakai pemandu elektro-optikal adalah Python-5 Israel.

Jenis peluru kendali:
Peluru kendali balistik
Peluru kendali jelajah
Peluru kendali anti-kapal
Peluru kendali darat ke udara
Peluru kendali udara ke udara
Peluru kendali anti-tank
Peluru kendali anti-balistik
Peluru kendali anti-satelit
Joint Direct Attack Munition (id:Mesiu Serangan Langsung Gabungan)
Torpedo


Pemandu peluru kendali :
Pemandu radar
Pemandu inframerah
Elektro-optikal

Ada beberapa contoh peluru kendali yang ada saat ini :
Contoh peluru kendali anti kapal :

Boeing Harpoon (USA) - 221 kg warhead, 93-315 km range depending on platform
C-802/YJ-82 CSS-N-8 'Saccade' (China) - 165 kg warhead, 500+ km range
Exocet (France) - 165 kg warhead, 70-180 km range
RBS-15 (Sweden) - 200 kg warhead, 200 km range
Sea Eagle (UK) - 230 kg warhead, 110+ km range
Kh-35 (Rusia) - 1645 kg warhead, 130 km range


Sekian infromasi dari kami tentang pengertian Peluru kendali. Peluru kendali akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan khususnya di bidang pertahanan Militer.


Lihat juga informasi tentang 750 Juta Orang Tewas dalam Waktu 24 Jam
Lihat juga informasi tentang Fakta Negara dengan Militer Terkuat Rusia

Comments

  1. baru tau ane gan , hmm apakah indonesia juga punya peluru kendali ?

    ReplyDelete
  2. Menurutane sangat perlu ndan.. biar ngga kalah saing sama negara lain

    ReplyDelete
  3. Menurutane sangat perlu ndan.. biar ngga kalah saing sama negara lain

    ReplyDelete
  4. Keren jika negara kita punya Rudal antar benua

    ReplyDelete
  5. Keren jika negara kita punya Rudal antar benua

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA