TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

Tahap-tahap yang harus dilakukan Setelah Pendadaran (Pengujian Penelitian) YUDISIUM AMIKOM


Assalamulaikum wr wb...

Selamat datang gaes, komandan, dota-er, skripsier dan alayers di blog ancient sederhana ini. :D Maaf kalau ada beberapa bagian dari blog ini yang masih error dan belum sempat saya perbaiki. meskipun blognya sederhana, mudah-mudahan artikel yang ada di dalamnya bisa bermanfaat buat teman-teman yang sedang cari informasi tentang Yudisium. 


Baiklah, saya akan menjelaskan tahap-tahap yang harus dilakukan ketika teman-teman sudah selesai melaksanakan pengujian penelitian di depan 3 penguji yaitu 2 penguji dari dosen yang telah di tentukan dan 1 dosen pembimbing atau biasa yang kita sebut dengan PENDADARAN di STMIK Amikom Yogyakarta. PENDADARAN AMIKOM adalah salah satu bagian yang paling sakral dalam hidup lho, karena yang banyak fans dan ngga jomblo biasanya dapat bunga, boneka, coklat, uang tambahan, tambah ganteng/cantik, tambah keren, tambah imut, dan kadang gua bingung, itu orang habis diUJI atau ULANG TAHUN? -_- Mungkin pertanyaan ini muncul dari rasa ketidaknyamanan gue yang cuma didatangin anak-anak dota dan para jomblo akut waktu selesai PENDADARAN 21 Januari 2016 kemaren. :v. Wkwkwk dan, Ayo kita simak dan lakukan tahap setelah pendadaran dengan baik. 

Setelah PENDADARAN, pikiran dan mimpi lho akan mulai di usik kembali dengan kata-kata syarat Yudisium yang katanya ribet. :D Nah, oleh sebab itu maka temen-temen jangan khawatir ! 
Tahap pertama yang harus di lakukan adalah “berdoa”. Sudah?
Tahap kedua adalah “berfikir”. Sudah? 
Sudah mandi?
Sudah makan?
Lagi apa? 

Sh*tttt.... malah chatting -_-

Ini dia tahap yang sebenarnya..
1. Ingat-ingat apa yang harus diREVISI pada NASKAH skripsi anda. Karena biasa nya setelah pendadaran ada beberapa bagian naskah yang di minta dosen penguji untuk di revisi. Nah maka dari itu, temen-temen harus melakukan revisi sesegera mungkin setelah pendadaran selesai, karena coretan dari dosen masih membekas di hati ehhhh... di naskah maksudnya. Nah, ini cuma untuk temen-temen yang naskahnya ada revisi.

2. Kalau sudah di revisi, segera ke PERCETAKAN. Disini selain gangguin mba-mba cantik di percetakan, temen-temen jangan sampai lupa untuk CETAK NASKAH yang sudah diwarnai. Dan jangan lupa untuk mencetak lembar persetujuan, pengesahan, dan lain-lain. Kemudian di cetak 3 kali (Rangkap). Nah kenapa 3 coba? 1 buat hidup loe, 1 buat Perpustakaan, dan 1 buat tempat objek penelitian temen-temen. Kalau ngga ada objek penelitiannya, ya cetak 2 aja. Buat Perpus sama MANTAN. Oh iya, biar ngga bolak balik percetakan, lebih baik temen-temen sudah mempersiapkan diri dengan membeli 4 buah materai. 3 untuk skripsi dan 1 untuk di formulir pendaftaran Yudisium. 

3. Jika sudah tanggal 1-10, maka segera MENGAMBIL FORMULIR YUDISIUM terlebih dahulu di ruang jurusan.

4. Tahap berikutnya, setelah revisi temen-temen selesaikan, maka segera MENEMUI DOSEN PENGUJI untuk menunjukkan dan memberitahukan bahwa naskah sudah di revisi dengan menunjukkan bagian yang sudah di revisi kepada dosen, kemudian jika sudah di cek maka segera MINTA TANDA TANGAN penguji di semua lembar pengesahan dan persetujuan. 

5. Setalah TTD dari dosen penguji, berikutnya adalah MENEMUI DOSEN PEMBIMBING untuk meminta TTD di lembar persetujuan dan pengesahan. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas bimbingannya. Karena beliaulah kita bisa dapat nilai sesuai dengan kemampuan dan usaha masing-masing. 

6. Kalau naskah sudah di TTD dosen penguji dan pembimbing, maka tahap berikutnya adalah MENJILID 3 NASKAH SKRIPSI (recomendasi tempat di Fotocopyan dekat alfamart pertigaan mau ke Amikom yang di sampingnya jual ice cream dan jangan lupa MEMBELI CD (Cover CD-nya juga bisa di buat disana) yang isinya sebagai berikut: 

a. Naskah Publikasi (Format penuliasannya Publikasi_12.11.631*)
b. Naskah Pblikasi (Format penuliasannya Publikasi_12.11.631*) PDF
c. Foto (Foto_12.11.631*)
d. Naskah Skripsi (Format penuliasannya Publikasi_12.11.631*)
e. Naskah Skripsi (Format penuliasannya Publikasi_12.11.631*) PDF
f. Biodata (Format penuliasannya Biodata_12.11.631*)
g. Source Code (Ini dalam bentuk folder yang isinya aplikasi/animasi/video yang kita buat)

7. Nah, jika Skripsi sudah di jilid, maka tahap berikutnya adalah minta TTD PAK PROF. SUYANTO di ruang PUKET 1 Gedung 1, jangan lupa materai di lembar penyataan sudah di pasang dan sudah temen-temen TTD juga. Ntar skripsinya titip ke Satpam yang ada di depan PUKET 1. Tunggu beberapa saat atau minta satpam untuk menanyakan kepastian kapan TTD selesai. 

8. Kalau TTD dari Pak Prof. Suyanto sudah dapat, coba CEK LAGI SEMUA PERSAYARATANNYA. O iya, contoh NASKAH PUBLIKASI dan formatnya bisa di download di web Amikom, nah nanti di naskah publikasi jangan lupa di TTD dosen pembibing dan ketua jurusan, jangan lupa naskah publikasi di cap di Jurusan ya.

9. Nah, jika TTD dan Cap sudah komplit, saatnya menyiapkan hal-hal lainnya seperti, FOTO hitam putih 5 lembar ukuran 4*6, terus fotocopy KTM, dan lain-lain. Syaratnya bisa minta di ruang jurusan. Aku lupa. O iya, saran aja, untuk FOTO jangan lupa langsung cetak foto latar belakang MERAH untuk TI dan biru untuk SI siapkan 1-5 lembar untuk syarat wisuda, biar ngga bolak balik ketemu mba2 di tempat bikin foto.

10. Setelah itu, siapkan NASKAH PUBLIKASI yang formatnya udah ada di web Amikom, nah kesalahan ketika di perpustakaan biasanya terjadi di tahap ini, karena beberapa orang lupa minta Cap sama Jurusan setelah Dosen Pembimbing dan Ketua Jurusan TTD di naskah Publikasi. Cap bisa di minta di ruang jurusan sebelum di scan dan dimasukkan ke dalam naskah publikasi di CD.

11. Nah, kalau semua syarat sudah lengkap, tinggal kumpulkan CD dan NASKAH SKRIPSI yang sudah di Jilid ke perpustakaan, kemudian jangan lupa ambil bukti penyerahan naskah dan CD nya dari pengurus perpustakaan.

12. Sedangkan untuk temen2 yang ada objek penelitian, jangan lupa meminta / membuat bukti penyerahan aplikasi ke perusahaan/objek tempat penelitian skripsi temen-temen. Kalau udah semua, tinggal cek ulang syarat yudisium dari 1 sampai selesai, terus kumpulkan semua persyaratan di jurusan dan jangan lupa bawa formulir pendaftaran yudisium yang udah di ISI.

13. Temen-temen juga jangan lupa, setelah pengumuman yudisium keluar temen2 bisa minta transkrip nilai ke Jurusan dan mengambil SKL (Surat Ketarangan Lulus) sementara di jurusan dengan syarat download formulir pengambilan SKL di web Amikom terlebih dahulu.

14. Satu lagi, jangan lupa bayar uang pendaftaran wisuda dan buruan cari jasa pendamping bagi yang jomblo..
Terima kasih.. :D

Kalau ada yang salah ingatin ya ndan :v
Kalau ada yang kurang jelas, insyallah saya siap membantu :D

Catatan : Persyaratan dan Prosedur Yudisium di Amikom bisa saja berubah kapanpun, ada baiknya untuk bertanya ke jurusan dan teman lain yang sudah menyelesaikan syarat Yudisiumnya.

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

Oiya, blognya di follow ya gan.. suwunn 

Comments

  1. Panjang proses nya ya bang :D

    ReplyDelete
  2. Lumayan, tpi klau d kerjakan terasa singkat

    ReplyDelete
  3. Sehabis pengumuman yudisium apa ada langkah lagi untuk penyerahan berkas untuk wisuda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setalh pengumuman yudisium biasanya ada informasi berkaitan dengan persiapan wisudanya mba, mulai dri tanggal wisada, gladi, pembagian atribut wisuda dan sebagainya..

      Kalau, jadi nnti bisa lebih aktif cari info juga di jurusan, untuk validasi tanggal dan tempat gladi, pelepasan dan wisuda

      Delete
  4. Maaf bang mau tanya, pendadaran itu susah nggk sih ? Dan tahap-tahapnya apa aja ?
    Makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA