PENGERTIAN TEKNOLOGI SILUMAN

Pengertian Teknologi Siluman

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan anda informasi tentang Pengertian Teknologi Siluman yang mulai berkembang di dalam dunia Militer.

Teknologi siluman disebut juga (low observable technology) adalah sub-disiplin di bidang tektik militer untuk melawan elektronik pasif (passive electronic countermeasures), yang mencakup teknologi yang digunakan di personil, pesawat, kapal,kapal selam, dan peluru kendali untuk menjadikan mereka lebih tidak terlihat (atau benar-benar tidak terlihat) oleh radar, inframerah, sonar, dan metode deteksi lainnya. Teknologi ini berhubungan dengan kamuflase terhadap spektrum elektromagnetik terkait.

Pesawat siluman (stealth aircraft) atau disebut pesawat super senyap adalah pesawat yang dirancang untuk menyerap dan membelokkan radar menggunakan teknologi siluman, membuatnya lebih sulit untuk di deteksi. Pada umumnya tujuannya adalah melancarkan serangan selagi dia masih berada di luar pendeteksian musuh. 

Pesawat siluman memiliki kemampuan untuk menghindari pendeteksian, baik deteksi secara visual, audio, sensor panas, maupun gelombang radio (radar). Secara visual, pesawat lebih sulit untuk terlihat bila mempunyai warna yang sama dengan warna latar belakangnya (kamuflase). Secara audio, tentunya berusaha untuk membuat pesawat semakin tenang. Secara sensor panas, pesawat biasanya dideteksi dari panas yang timbul dari badannya atau dari temperatur udara di sekelilingnya.

Bagian paling panas dari pesawat adalah saluran buangan udara mesin atau exhaust dan leading edge (bagian pesawat yang pertama membelah udara). Panas dari exhaust bisa dikurangi dengan cara mencampur semburan mesin dengan udara dingin dari luar badan pesawat sebelum dihembuskan keluar pesawat dan memperpanjang pipa exhaust. Bagian exhaust ini biasanya dikejar oleh rudal anti-pesawat dengan sensor inframerah. Akan tetapi rudal pencari panas modern kini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengejar panas yang dihasilkan akibat pergesekan permukaan badan pesawat dengan udara.

Deteksi secara gelombang radio adalah dengan cara mencegah gelombang radio dari radar tidak terpantul dari badan pesawat dan kembali ke radar. Gelombang radio tersebut bisa diserap jika badan pesawat dilapisi RAM (Radar Absorbent Material), dipantulkan ke arah lain, atau sedemikian sehingga gelombang tersebut menjadi hilang atau saling meniadakan (hal inilah yang mendasari bentuk pesawat siluman yang mempunyai bentuk yang lain dari pesawat biasa atau agak aneh).

Pesawat siluman biasanya tidak 100% tidak terdeteksi radar. Tetapi karena memiliki RCS (Radar Cross Section) yang kecil maka di layar radar hanya tampak sebesar gerombolan burung, bukan pesawat.

Secara umum, untuk tampil sebagai pesawat/kapal Stealth dibutuhkan Pengerjaan spesial tidak seperti pesawat/kapal model lain. Sebelumnya saya jelaskan sedikit, maksud dari Stealth (atau menghilang dalam radar) bukanlah istilah yang sebenarnya menghilang tak terlihat, istilah yang tepat menurut saya adalah Mereduksi(memperkecil) tampilan pesawat/kapal dalam monitor radar RCS. Dalam RCS monitor, radar yang mendeteksi keberadaan pesawat digambarkan berupa Dot Dot ( bundaran-bundaran) yang mewakili besarnya pesawat tersebut (dan ini bukan berarti besar pesawatnya, namun seberapa besar sinyal yang dilepas radar mengenai bagian tubuh pesawat yang dikembalikan, hal ini berbicara mengenai bentuk tubuh pesawat/kapal tersebut)

Cara yang dipakai agar menjadi sebuah pesawat Stealth adalah:
1. Dengan cara pemilihan bahan tertentu yang dilapisi pada bagian kulit luar Pesawat/kapal, maka akan mereduksi sinyal radar yang diterima oleh monitor radar di daratan.
2. Dengan mendesign pesawat sedemikian dengan bentuk pesawat/kapal yang tak bersudut untuk memantulkan kembali sinyal yang dilepaskan oleh stasiun radar di daratan.

dan kini Teknologi Siluman pada militer tidak hanya di terapkan pada pesawat tempur canggih saja tapi juga mulai diterapkan pada kapal tempur seperti Trimaran, dan tank tempur buatan Polandia yang didesain khusus agar memiliki kemampuan teknologi siluman.


Sekian informasi singkat dari berbagi info dan berita menarik kali ini tentang Pengertian Teknologi Siluman.

Lihat juga informasi tentang Fakta Negara dengan Militer Terkuat Rusia
Lihat juga foto-foto menarik tentang Pesawat Tempur Modern


Comments

  1. info yang sangat bagus bro, kapan negara kita bisa punya teknologi kyak gini.
    setingkat F16 aja pakek punya buangan negara lain wkwkwkwkwkwk, banyak uang negara dimakan sama tikus :D

    ReplyDelete
  2. Wkwk.. bener bro.. padahal negara kita berpotemsi bnget untuk mndapatkan alutsissta yg bagus dan ngga klah dri yg lain

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA