PASUKAN ELIT RUSIA SPETSNAZ

 Pasukan Elit Rusia Spetsnaz

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba menjelaskan tentang Pasukan Elit Rusia Spetsnaz 2014.
Pasukan Elit Rusia Spetsnaz 2014 (spetsialnogo naznacheniya) adalah pasukan khusus negara komunis Rusia. Pasukan Elit Rusia Spetsnaz 2014 banyak melatih pasukan-pasukan khusus di berbagai belahan dunia seperti Garda Republik di Suriah, pasukan khusus Angola, Kuba, Ethiopia dan Vietnam, serta berlatih bersama dengan pasukan khusus di berbagai negara. Spetsnaz saat ini masih dianggap yang terbaik, berpengalaman dan paling terlatih. Pasukan ini merupakan unit pasukan khusus Angkatan Bersenjata Rusia, dan usianya paling tua diantara unit-unit khusus lainnya, semacam KGB, FSB dan MVD.

Pasukan Elit Rusia Spetsnaz 2014 berfungsi untuk melakukan pengintaian, sabotase serta operasi khusus. Tugas utamanya dalam masa perang adalah infiltrasi ke wilayah musuh, terutama sebelum konflik dimulai, dan setelah sampai di tujuan, melaksanakan sabotase (seperti menghancurkan pusat-pusat logistik NATO), serta pembunuhan rahasia (assassination) terhadap pemimpin pemerintahan dan perwira militer yang berpengaruh.


Fungsi utama Spetsnaz:

    1. Pengintaian
    2. Penanganan anti-terorisme
    3. Perang Inkonvensional
    4. Pembunuhan tokoh penting
    5. Infiltrasi dibelakang garis musuh
    6. Sabotase
    7. Perang gerilya

Di kawasan negara-negara bekas Uni Soviet, nama pasukan khusus Spetsnaz sangat terkenal dan ditakuti karena masing-masing personil Spetsnaz adalah pilihan dan memiliki keterampilan khusus melebihi tentara biasa. Spetsnaz memiliki reputasi yang disegani di kalangan militer dunia karena standar latihannya yang tergolong sangat keras, terutama Spetsnaz militer, meskipun unit-unit KGB/FSB dan MVD juga menetapkan standar yang tergolong ketat dan keras dalam latihan dan perekrutan personil mereka.

Pada saat perang di Afghanistan peran utama Pasukan Elit Rusia Spetsnaz 2014 adalah untuk menghancurkan markas dan pertahanan para mujahidin Afghanistan di wilayah pegunungan, dengan cara melakukan pengintaian rahasia.  Tujuan pengembangan pasukan ini adalah medan perang serta kemampuan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh pasukan konvensional dan kesulitan-kesulitan yang  mungkin mereka akan  hadapi di lapangan.  Spetsnaz memainkan peranan kunci dalam invasi dan pendudukan Uni Soviet atas Afghanistan antara tahun 1979 dan 1989. Walaupun 10 tahun perlawanan gerilya Afghanistan akhirnya memaksa penarikan mundur Soviet, namun Operasi Spetsnaz merupakan elemen tersukses dari upaya militer Soviet. Pasukan khusus Spetsnaz melakukan serbuan kilat atas instalasi-instalasi kunci, seperti pangkalan udara strategis di Shind dan Kandahar, sebagai pendahulu pasukan invasi darat utama Soviet. Kekejaman-kekejaman Spetsnaz ditunjukkan pada 25 Desember melalui aksi pembunuhan Presiden Afghan Hafizullah Amin. Ia dieksekusi bersama dengan anggota keluarga dan para stafnya.


Dalam menjalankan operasinya, mayoritas anggota pasukan Spetsnaz membawa AKS-74 senapan 5.45 mm dan pistol otomatis PRI 5.45 mm. Selain itu mereka juga dilengkapi dengan pisau tempur yang dikenal khas dengan sebutan Spetsnaz Knife, yang dirancang khusus untuk anggota Spetsnaz.

Untuk menjadi seorang anggota Spetsnaz maka alon anggota Spetsnaz harus mengikuti program latihan intensif awal yang berlangsung selama enam bulan. Sebagian dari waktu tersebut dihabiskan di hutan Siberia di utara Rusia untuk mempelajari teknik bertahan hidup di alam liar. Selain instruksi untuk keahlian infanteri standar untuk pasukan khusus, mereka juga diajarkan teknik penerjunan, pelatihan bahasa asing, dan rappeling, serta tidak ketinggalan pertempuran tangan kosong dan pertarungan pisau menjadi teknik yang diajarkan sangat serius dalam pelatihan Spetsnaz.

Latihan yang dilakukan calon Pasukan Khusus Spetsnaz yaitu :

- Penanganan senjata, termasuk penggunaan senjata asing dan penembak jitu.

- Kebugaran, dengan penekanan pada ketahanan dan kekuatan.

- Pelacakan, berpatroli, kamuflase, dan pengawasan teknik, termasuk   kelangsungan hidup dalam berbagai lingkungan yang keras (survival).

- Pertarungan, bersenjata dan dengan pisau (baik  genggam dan  melemparkan), dan pembunuhan target.

- sabotase dan penghancuran.

- Pelatihan bahasa dan interogasi tahanan.

- Infiltrasi melalui air, termasuk terjun payung untuk pesawat sayap-tetap, dan   keluar dari helikopter dengn tali atau parasut.

Sekian Informasi tentang Pasukan Elit Rusia Spetsnaz 2014 .

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA