RUDAL YAKHONT P-800 ONIKS MELENGKAPI SISTEM PERTAHANAN INDONESIA

Rudal Yakhont P-800 ONIKS Melengkapi Sistem Pertahanan Indonesia

Baiklah para pembaca yang budiman, kali ini kita akan membahas tentang Rudal Yakhont P-800 ONIKS Melengkapi Sistem Pertahanan Indonesia.

Indonesia sebagai wilayah maritim sangat membutuhkan pertahanan dari laut seperti roket-roket yang dapat membantu kapal-kapal perang Indonesia dalam menjaga kedaulatannya. Kapal perang milik Indonesia mulai diperkuat dengan dibelinya rudal Yakhont yaitu rudal canggih asal Rusia.

Rudal Yakhont adalah rudal supersonik rudal anti-kapal dan jelajah yang di produksi serta dikembangkan oleh NPO Mashinostroyeniya, Rusia. Rudal Yakhont P 800 adalah rudal jelajah jarak menengah supersonik strategis generasi keempat buatan Rusia yang baru digunakan oleh Rusia, Indonesia, Vietnam, Suriah dan India. Pembangunannya di lakukan pada tahun 1983. Rudal ini bisa di luncurkan dari darat, laut, kapal selam, dan udara. Rudal ini juga merupakan awal dikembangkannya Rudal Rusia-India yaitu rudal BrahMos PJ-10.

Rudal ini memiliki berat 3.000 kg, panjang, 8,9 m, dan diameter 0,7m. Kecepatannya adalah 2,5 kali lebih cepat dari kecepatan suara (2,5 mach kecepatan udara), serta memiliki keakuratan yang baik untuk menghancurkan sasaran. Rudal ini dilengkapi berbagai sistem canggih sehingga membuat rudal ini sulit di lacak. Rudal canggih ini memiliki daya jelajah 300 km.


Spesifikasi

    Panjang: 8.9 m
    Diameter: 0.7 m
    berat: 3100 kg
    Kecepatan di ketinggian: 750 m / s (Mach 2.6)
    Kecepatan di Permukaan: Mach 2
    Jangkauan:300 km
    Terbang di ketinggian antara 10-14000m
    Hulu ledak: 250 kg

Standar Baterai

Standar baterai dari K-300 Bastion-P :

   - 4 self-propelled peluncur K-340P dengan 2 rudal "Yakhont" (awak 3 orang)
   - 1-2 Komando dan Pengendalian kendaraan (ASBU) PBRK (kru dari 5 orang)
   - 1 keamanan mobil alert (MOBD)
   - 4 Transportasi dan beban kendaraan (TLV K342P)


 Indonesia menempatkannya di atas kapal perang yang bersifat dinamis, bisa digunakan untuk keperluan ofensif maupun defensif. Fregat yang telah dilengkapi dengan rudal Yakhont adalah KRI Ahmad Yani 351, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma 355, KRI Karel Satsuit Tubun 356, KRI Slamet Riyadi 352, KRI Yos Sudarso 353 dan KRI Oswald Siahaan 354 . 4 VLS (vertical launching system) Terpasang di Van Speijk Class KRI Oswald Siahaan (354),50 missiles

1 unit rudal Yakhont di hargai US$1,2 juta. Kini Indonesia memiliki sekitar 50 buah rudal Yakhont yang di beli dari negara Rusia. Rudal ini melengkapi sistem pertahanan yang di miliki Indonesia untuk menjaga kedaulatan negara dari serangan asing.


Rudal Yakhont P-800 ONIKS Melengkapi Sistem Pertahanan Indonesia pun dapat menghancurkan sebuah kapal dengan sekali tembakan rudal yakhont. Ini terbukti saat salah satu kapal perang Indonesia menguji coba rudal tersebut di wilayah Indoensia. Yankhont telah resmi menjadi salah satu roket yang akan menjadi bagian dari pertahanan negara Indonesia. Rudal Yankhont di harapkan dapat digunakan dengan baik ketika terjadi ancaman yang tidak diinginkan.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA