PASARKU NYAMAN DAN BERSIH

Pasarku Nyaman dan Bersih

Menurut data Badan Statistik Kabupaten Mukomuko, tahun 2015 jumlah penduduk kabupaten Mukomuko adalah 177,131 jiwa dan 18,259 jiwa diantaranya tinggal di kecamatan Ipuh. Kecamatan ipuh menempati posisi kedua dengan jumlah penduduk terbanyak di bawah kecamatan Penarik dengan jumlah 23,775 jiwa.
Masalah klasik yang sudah bertahun-tahun dibiarkan adalah kondisi Pasar Pulai Payung yang sangat kotor dan kurang teratur. Pasar Pulai Payung menjadi tujuan ribuan orang untuk berbelanja mulai dari peralatan rumah tangga hingga makanan yang di konsumsi sehari-hari. Tentu ini merupakan masalah yang serius, karena hampir semua masyarakat kecamatan Ipuh yang berjumlah 18,259 jiwa ditambah masyarakat yang datang dari kecamatan tetangga seperti Kecamatan Air rami dan Pondok Suguh melakukan transaksi jual beli di sana.
Pada "Hari Pasar Minggu" kondisi pasar sangat kotor dengan lumpur dan sampah, di tambah bau dari kotoran sapi dan sampah yang menumpuk. Kemudian kondisi pasar ikan juga sangat mengkhawatirkan dengan lantai tergenang air lumpur di tambah selokan yang nyaris tidak pernah di bersihkan, terlihat tumpukan sampah dan genangan lumpur yang memenuhi selokan. Beberapa bangunan juga terlihat rusak, belum ada fasilitas umum seperti toilet dan tempat pembuangan sampah akhir yang memadai.
Tentu bakteri dan sumber penyakit bisa muncul dari kondisi seperti ini. Jika terus dibiarkan, maka kualitas masyarakat kita pun bisa terpengaruhi karena terserang penyakit dari makanan yang tidak bersih. Mungkin kah Slogan "Pasarku Nyaman dan Bersih" bisa terealisasi?
Tentu masalah ini harus segera di selesaikan. Nah, teman-teman IKMMJ, dalam diskusi kali ini, Apa solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini? terlebih kita sudah memilih pemimpin baru di Kabupaten kita, tempat kita menyampaikan aspirasi.
Mari berkontribusi...
"Salam Ilmu rantau Banguan Kapuang"

Hasil Diskusi IKMMJ tahun 2017

Artikel lain

Kebangkitan Mahasiswa Daerah

Mengembalikan Semangat Kekeluargaan IKMMJ


Comments

  1. https://mukomukokab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/59

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA