IKMMJ MENOLAK SARA !

IKMMJ menolak SARA !

Diskusi rekan rekan IKMMJ jum'at, 18 desember 2015 tentang daerah Kabupaten Mukomuko. Diskusi singkat IKMMJ adalah diskusi rutin yang diadakan untuk membahas sekelumit masalah yang ada di daerah kabupaten Mukomuko. Dalam diskusi ini kami mencoba mencari solusi tentang masalah masalah yang sering terjadi di kabupaten Mukomuko, mulai dari masalah sosial, budaya, pemerintahan dan isu-isu lainnya.


Kabupaten yang memiliki latar balakang penduduk yang begitu heterogen ini, juga memiliki budaya dan suku yang begitu banyak. Tentu untuk mengimbangi perkembangan penduduk ini, toleransi dan silahturahmi adalah solusi untuk selalu menjaga keharmonisan di kabupaten Mukomuko. Beberapa waktu yang lalu, rekan-rekan IKMMJ juga sempat dihebohkan dengan adanya status SARA dari sebuah akun Facebook di grub Bupati Mukomuko 2015. Tentu masalah seperti ini sangat sensitif, sehingga begitu banyak netizen yang mulai ribut dan saling tuduh sana sini. Padahal kebenaran dari pemilik akun belum bisa di pastikan. Polemik ini terus berlanjut hingga muncul unggahan foto tentang laporan ke Polisi terhadap pelaku SARA di sosmed tersebut. Jika benar sang pemilik akun melakukan hal tersebut seperti yang disampaikan di akun FB nya, tentu tidak ada yang bisa menerima perkataan dan sikap tersebut. Namun jika belum ada kepastian kebenaran dari status tersebut, ada baiknya kita memastikan terlebih dahulu kebenaran dari isu tersebut.


IKMMJ sebagai wadah mahasiswa dari kabupaten Mukomuko yang ada di Yogyakarta tentu ikut gerah dengan adanya hal-hal seperti ini, terlebih di IKMMJ ada berbagai macam latar belakang mahasiswa dengan suku yang berbeda-beda berkumpul di sini. Sebagai seorang akademisi, tentu kami tidak akan membiarkan hal-hal seperti ini terus menjadi bahasan yang tidak baik di Kabupaten Mukomuko, khususnya mereka yang bermain dan menyebarkan informasi di media sosial. IKMMJ mulai mencoba menyikapinya dengan bijak dengan diskusi secara langsung sesama anggota kemudian mencoba mencari solusi tentang masalah ini.


Dari hasil diskusi rutin tersebut, munculah semangat bahwa "IKMMJ menolak SARA" dengan alasan apapun. Bertahun-tahun kabupaten Mukomuko berdiri dan kita semua berusaha menjaganya agar konflik horizontal tidak terjadi. Dan ada baiknya netizen juga membaca dan memahami masalah tersebut sebelum menyebarkan informasi melalui media sosial, sehingga tidak menimbulkan distorsi dan polemik di masyarakat. Kabupaten Mukomuko sudah cukup lama berdiri, maka seharusnya demokrasi yang cerdas dan bersih harus kita jaga dan terapkan di kabupaten Mukomuko, tanpa harus terjadi masalah dan konflik tentang SARA baik di media sosial maupun di kehidupan nyata. Jadilah netizen pintar yang memahami informasi terlebih dahulu sebelum menyebarkannya.

Mukomuko itu kota Toleransi, bersih, dan Jujur...

Mari berbenah ...

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA