ANALISIS GAME METAL SLUG DEFENCE


Metal Slug Defence adalah sebuah game strategy atau tower defence android yang dibuat oleh SNK Playmore untuk iOS dan Android platform. Game ini dibuat pada tahun 2014 dan pada bulan februari 2016 game ini dikembangkan lagi sehingga muncul game terbarunya yaitu Metal Slug Attack. Metal Slug Defence adalah sebuah game yang sudah sering sakali kita dengar, bagi kalangan gamer tentu game ini bisa menjadi salah satu game yang sangat di rekomendasikan dan ditunggu versi terbarunya. Menurut penjelasan yang ada dalam profil Metal Slug Defence sendiri, total download lebih dari 29 juta pengguna dan dianggap sebagai salah satu game yang telah di akui di dunia.
Versi terbaru yang telah dikembangkan dari game ini adalah 1.46.0, pengembangan game ini untuk mengatasi beberapa bugs yang terjadi dalam game. Metal Slug Defense merupakan sebuah game yang menggabungkan grafis 2D dengan tower defense yang membutuhkan strategi untuk menyelesaikan misi dalam setiap level. Strategy dalam permainan ini adalah mengerahkan tentara yang ada untuk mengalahkan musuh dan mempertahankan posisi daerah. Untuk memainkannya pastikan minimal Android yang kita gunakan sudah versi 4.0.3.
Game ini bercerita tentang beberapa tahun setalah upaya kudeta yang dilakukan oleh Morden berhasil dikalahkan, ada sisa-sisa tentara pemberontak yang kemudian mengatur staregy lagi dalam sebuah organisasi untuk melakukan perlawanan. Badan intelejen militer mengadakan bahwa jendral Moden masih hidup dan akan menyiapkan rencanan lain. Terungkap bahwa tentara pemberontak dan aliens yang ada dibalik fenomena misterius yang terjadi diseluruh dunia.
Ambisi jendral morden untuk menguasai dunia menyebabkan bumi berada diambang kehancuran dan kekacauan kecuali jika militer berhasil mengalahkan mereka di saat-saat terakhir. Kematian Jendral Morden yang belum terkonfirmasi, dan muncul pertanyaan apakah dia akan bertahan lagi? Dan kapan dan bagaimana dia mencoba melakukan kudeta berikutnya? Karena perjuangan tidak akan pernah berakhir dan mereka akan selalu ada untuk membuat kekacauan di dunia.

A.    FORMAL ELEMENTS

1.      Players

Gambar 2 Metal Slug Defences Wi-Fi Versus
Untuk memainkan game Metal Slug Defence kita dapat bertanding dengan teman-teman yang lain menggunakan Multipalyer Mode, sehingga memungkinkan untuk bermain dengan 4 Players. Dalam permainan dengan multiplayer mode maka dapat berhadapan 1 on 1 atau 2 on 2. Dalam melakukan defence, maka setiap player harus mengatur strategy sendiri dalam permainan. Players juga dapat bermain dengan versi solo atau sendiri yaitu melakukan defense dan strategy planning dengan melawan automatic bot yang disediakan olah game. Sehingga player cukup mengatur strategy untuk mengalahkan fungsi bot dalam game.
 Players akan melakukan pertarungan antara manusia, aliens dan robot-robot raksasa. Ada lebih dari 200 karakter yang dibagi kedalam 5 armies yaitu Regular Army, Morden Army, Marians dan lain sebagainya. berbagai macam karakter dalam game ini akan digunakan oleh player dalam melakukan strategy pertahanan base masing-masing.
  
2.      Objective
Tujuan (objective) utama dari game ini adalah menghacurkan site lawan dengan cara apapun. Strategi yang digunakan juga dapat dilakukan dengan banyak cara dan objek tentara yang dapat kita gunakan untuk menghancurkan lawan dapat kita tentukan sesuai dengan nilai AP yang dihasilkan. Tentara yang dipilih sesuai dengan nilai AP yang player miliki akan maju ke site lawan secara otomatis dengan tujuan melakukan penyerangan dan mengahancurkan musuh yang muncul dari sisi yan berbeda.            
Untuk mencapai stage berikutnya, maka player harus menggunakan strategi yang optimal untuk mendapatkan reward berupa gold dan rank dari setiap misi yang selesai dilaksanakan. Gold yang didapat tidak hanya didapat dari penyelesaian misi, tapi juga dari jumlah prisoner yang berhasil dibebaskan. Semakin banyak masuh dan semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk menyesaikan misi, maka semakin banyak reward yang bisa didapat dalam penyesesaian disetiap misi.

Gold yang didapat dalam setiap stage dapat digunakan untuk meningkatkan (Power-Up) costumize yang dapat digunakan dalam pertempuran berikutnya. Peningkatan ini bertujuan untuk optimalisasi kemampuan kendaraan perang yang digunakan untuk menghadapi musuh dalam pertempuran.
3.      Procedures
Ada beberapa procedure yang diterapkan dalam permaian Metal Slug Defence yaitu sebagai berikut :
a.                  User Procedure
·         Untuk memulai permainan maka procedure pertama yang harus dilakukan adalah login dengan menggunakan email atau nomor hanphone untuk melakukan proses verifikasi pemail terlebih dahulu.
·         Ada beberapa procedure yang dicantumkan dalam Term of reference yang biasanya muncul disetiap proses setelah mendownload aplikasi android.
 b.                  Game Procedure
·         Untuk membuat tentara atau kendaran militer pendukung dalam pertempuran, maka pasukan membutuhkan AP.
·         Untuk upgrade kendaraan militer maka pemain harus mendapatkan gold dari reward hasil pertandingan.
·         Pemain juga dapat membeli medal dengan menggunakan reward yang dihasilkan. Setiap reward dapat dibeli dengan gold yang berbeda-beda sesuai tingkatan level mendali.
·         Jika menggunakan multiplayer mode atau Wi-Fi versus maka setiap pemain memiliki peluang penyerangan dan hero yang sama tergantung bagaimana cara menghancurkan site satu sama lain.
·         Setiap pemain dapat menggunakan karakter yang ada dan dapat menggunakannya sesuai dengan AP yang sudah terkumpul selama pertempuran.
·         Setiap karakter memiliki keunggulan masing-masing dalam sebuah pertempuran, sehingga pemilihan karakter yang tepat dan timing pelemparan bom yang tepat dapat membuat pemain dapat mengungguli pertandingan.
·         Setiap stage akan memberikan fitur tambahan berupa varian karakter dan kendaraan tempur baru yang dapat digunakan player jika mereka sudah memiliki AP yang cukup untuk membeli kendaraan tempur yang disediakan disetiap stagenya.
4.      Rules
Di dalam permainan Metal Slug Defence terdapat aturan yang dibuat untuk mengatur alur dan jalannya permainan, aturan-aturan berikut akan dipaparkan sebagai berikut.
·         Player tidak dapat mengeluarkan karakter yang diinginkan jika player tidak memiliki cukup AP yang dibutuhkan karakter.
·         Player tidak dapat mengupgrade kendaraan perang jika gold tidak mencukupi jumlah untuk upgrade kendaraan.
·         Player tidak dapat membeli mendali jika tidak memiliki gold yang sesuai jumlah yang dibutuhkan.
·         Player dapat bermain dalam waktu yang tidak ditentukan selama player dapat bertahan dalam defence atau dalam kondisi penyerangan terhadap lawan.
·         Player dapat menggunakan karakter yang diinginkan jika player sudah memiliki AP yang sesuai dengan kebutuhan karakter.
·         Dalam setiap penggunaan karakter atau strategi maka ada gold yang harus digunakan.
·         Setiap karakter memiliki waktu jeda untuk melakukan reload setelah melempar bom, membangun pelindung atau menembakkan senjata.
·         Setiap pemain dapat menerima reward dan rank sesuai dengan kecepatan waktu dan akurasi misi yang diselesaikan.
·         Setiap pemain dapat menyusun strategi tempur dengan menggunakan karakter kendaraan tempur, robot dan sebagaianya.
5.      Resources
Dalam game strategy dan tower defence Metal Slug Defence ini terdapat beberapa resource yang digunakana untuk melakukan defence, attack atau memunculkan karakter pendukung dan kendaraan perang. Resources ini juga digunakan untuk mengupgrade kendaraan, membeli mendali dan lain sebagainya. resources tersebut adalah sebagai berikut.

·         Gold         : digunakan untuk membangun maupun upgrade kendaraan perang.
·         AP            : digunakan untuk memunculkan karakter yang ingin dijadikan bagian dari strategi pertempuran
·         Medal       : digunakan untuk mendapatkan value set perlengkapan pendukung seperti bom, radar, membuka kunci, APLvMAX, Rewar Up, Mobile Satellite,
·         Ad            : bisa digunakan untuk mendapatkan gold atau mendali dari setiap mengklik iklan yang ada pada game
·         Video       : bisa digunakan untuk mendapatkan gold dan mendali dari setiap pemutaran videonya.
6.      Conflict
Konflik yang terdapat dalam permaian Metal Slug Defence ini adalah sebagai berikut :
·         Konflik Kelompok : didalam game ini konflik yang terjadi adalah konflik antara pasukan keamanan (tentara) dan kelompok tentara pemberontak Jendral Modem yang ingin menguasai dunia dengan mengumpulkan kembali tentara-tentara pemberontak.
·         Konflik player : dalam permainan multiplayer mode, konflik yang terjadi adalah setiap player harus bisa memenangkan setiap pertempuran untuk mendapatkan gold dan reward. Setiap player akan melakukan cara apapun untuk mengalahkan player lain yang menjadi penantang dalam pertempuran.

7.      Boundaries
Boundaries atau batasan dari game ini adalah arena dalam setiap stagenya. Arena dalam setiap stage digambarkan dibeberapa negara diseluruh dunia, dalam arena hanya dibatasi pengliahatan player dari satu arah atau satu sisi saja. Kemudia karakter yang ada dalam game hanya bisa melakukan pertempuran ditempat yang sesuai dengan stagenya begitu juga dengan lawan atau penantang jika bermain dalam multiplayer mode.

8.      Outcome
Outcome dari game Metal Slug Defence adalah player harus mampu melakukan pertahahan agar base yang dijaga tidak hancur oleh serangan musuh hingga akhir. Jika menggunakan solo mode, maka pleyer harus mempertahankan base hingga stage terakhir, dan setiap permainan stage terakhir adalah stage yang paling susah untuk ditaklukan. Sedangakn untuk pemain yang menggunakan multiplayer mode, maka player harus mengalahkan lawan yang lain hingga lawan mengalami kehancuran dibasenya dan semua human, robot dan alien yang digunakan oleh lawan dapat dihancurkan sehingga pemanang akan mendapatkan gold dan reward sesuai dengan point yang diraih selama pertempuran.

B. DRAMATIC ELEMENTS
1.      Tantangan (Challenge)
Tantangan yang terdapat didalam game Metal Slug Defence adalah setiap player yang bermain pada multimpalyer mode harus memiliki strategi yang baik untuk menjaga base sendiri dan berusaha untuk menembus pertahanan musuh dan mampu menghancurkan seluruh karakter, human, aliens dan kendaraan tempur yang dimiliki musuh hingga 100%. Sehingga setiap player harus mengatur strategi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk solo mode, maka player harus menggalahkan setiap lawan pada setiap stagenya hingga stage terakhir untuk menyesaikan permainan.
Semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengalahkan musuh dan semakin  bagus strategi yang digunakan, maka semakin banyak juga reward berupa gold dan medal yang bisa diraih oleh player.
2.      Premise
Premis adalah sebuah kesimpulan yang bisa diambil dari permaianan ini. Permainan ini mengharuskan pemainnya untuk menyesaikan misi jika ingin mendapatkan medal dan gold dari reward yang didapat dalam setiap pertempuran. Pemain akan memiliki kemampuan yang lebih baik jika sering memainkan permainan ini dan memahami strategi yang diharus digunakan untuk mengalahkan musuh.
Dalam multiplayer 2 on 2 pemain dapat mengatur strategi dengan berkeja sama dengan 1 orang yang lain untuk mengalahkan staregi lawan dan menghancurkan based lawan sehingga reward dapat diterima untuk upgrade persemjataan.
3.      Karakter
Ada beberapa karakter yang dapat digunakan dalam Metal Slug Defence. Setiap karakter akan dijelaskn sebagai beriktu.
·         Marco
Marco adalah adalah salah satu pemberontak yang melakukan penyerangan terhadap militer. Marco menggunakan handgun dalam dan heavey mechine gun dalam pertempuran dengan range dan jangkauan senjata yang berbeda-beda sesuai jenis senjata yang digunakan.

·           Tarma
Tarma adalah salah satu karakter yang ada pada Metal Slug Defence yang dipersenjatai dengan handgun jarak normal pendek dan shotgun jarak pendek namun memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan karakter lain.
·           Eri

Eri adalah salah satu karakter yang menggunakan handgun jarak jauh dan senjata lase gun jarak sangat jauh namun memilikin kecepatan yang normal.
·           Fio
Fio adalah karakter yang menggunakan handgun jarak normal dan rocket launcher jarak jauh dan meiliki kecepatan normal ketika berjalan.
·           Donald Morden

Donald Morden adalah karakter yang menggunakan Bazooka jarak pendek dan Hi-Do Bombing Run jarak jauh namun pergerakannya lambat sehingga memiliki peluang yang cukup besar untuk menerima serangan dari musuh.
·                Allen O’Neil
Allen O’Neil Adalah karakter yang menggunakan senjata Heavy Mechine Gun jarak jauh dan Grenade jarak jauh dan kecepatannya dalam bergerak lebih cepat dibandingkan beberapa karakter lain.
·                Abul Abbas

Abul Abbas adalah karakter yang bersenjatakan Sword jarak pendek dan Call Subordinates dan memiliki pergerakan yang cepat.
·           Mars People
Mars People adalah karakter berupa cumi cumi atau gurita raksasa yang berasal dari Mars dan memiliki senjata Ray Gun jarak jauh dan Warp jarak jauh namun bergerak lambat.
4.      Cerita
Game ini bercerita tentang beberapa tahun setalah upaya kudeta yang dilakukan oleh Morden berhasil dikalahkan, ada sisa-sisa tentara pemberontak yang kemudian mengatur staregy lagi dalam sebuah organisasi untuk melakukan perlawanan. Badan intelejen militer mengadakan bahwa jendral Moden masih hidup dan akan menyiapkan rencanan lain. Terungkap bahwa tentara pemberontak dan aliens yang ada dibalik fenomena misterius yang terjadi diseluruh dunia.
Ambisi jendral morden untuk menguasai dunia menyebabkan bumi berada diambang kehancuran dan kekacauan kecuali jika militer berhasil mengalahkan mereka di saat-saat terakhir. Kematian Jendral Morden yang belum terkonfirmasi, dan muncul pertanyaan apakah dia akan bertahan lagi? Dan kapan dan bagaimana dia mencoba melakukan kudeta berikutnya? Karena perjuangan tidak akan pernah berakhir dan mereka akan selalu ada untuk membuat kekacauan di dunia.

Dramatic Art adalah ketika pemain memulai penyerangan namun kembali diserang oleh musuh hingga masuk ke base pertahanan dan mulai melakukan penyerangan balasan, namun AP masih perlu waktu untuk mengeluarkan karakter yang tepat untuk menghacurkan lawan atau melakukan perahanan untuk menyelamatkan base.

DAFTAR PUSTAKA
[1]     http://metalslug.wikia.com/wiki/Metal_Slug_Defense
metal slug,
metal slug 3,
metal slug x,
metal slug apk,
metal slug anthology,
metal slug 3 apk,
metal slug code j,
metal slug ps2,
metal slug attack mod apk
metal slug mod apk
metal slug code j apk


Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA